Pondasi tiang pancang (pile foundation) adalah bagian dari struktur yang digunakan untuk menerima dan mentransfer (menyalurkan) beban dari struktur atas ke tanah penunjang yang terletak pada kedalaman tertentu.
Tiang pancang bentuknya panjang dan langsing yang menyalurkan beban ke tanah yang lebih dalam. Bahan utama dari tiang adalah kayu, baja (steel), dan beton. Tiang pancang yang terbuat dari bahan ini adalah dipukul, di bor atau di dongkrak ke dalam tanah dan dihubungkan dengan Pile cap (poer). Tergantung juga pada tipe tanah, material dan karakteistik penyebaran beban tiang pancang di klasifikasikan berbeda-beda.
Pondasi tiang sudah digunakan sebagai penerima beban dan sistem transfer beban bertahun-tahun. Pada awal peradaban, dari komunikasi, pertahananan, dan hal-hal yang strategik dari desa dan kota yang terletak dekat sungai dan danau. Oleh sebab itu perlu memperkuat tanah penunjang dengan beberapa tiang.
Tiang yang terbuat dari kayu (timber pile) dipasang dengan dipukul ke dalam tanah dengan tangan atau lubang yang digali dan diisi dengan pasir dan batu.
Pada tahun 1740, Christoffoer Polhem menemukan peralatan pile driving yang mana menyerupai mekanisme Pile driving saat ini. Tiang baja (Steel pile) sudah digunakan selama 1800 dan Tiang beton (concrete pile) sejak 1900. Revolusi industri membawa perubahan yang penting pada sistem pile driving melalui penemuan mesin uap dan mesin diesel.
Lebih lagi baru-baru ini, meningkatnya permintaan akan rumah dan konstruksi memaksa para pengembang memanfaatkan tanah-tanah yang mempunyai karakteristik yang kurang bagus. Hal ini membuat pengembangan dan peningkatan sistem Pile driving. Saat ini banyak teknik-teknik instalasi tiang pancang bermunculan.
Seperti tipe pondasi yang lainnya, tujuan dari pondasi tiang adalah :
– untuk menyalurkan beban pondasi ke tanah keras
– untuk menahan beban vertical, lateral, dan beban uplift
Struktur yang menggunakan pondasi tiang pancang apabila tanah dasar tidak mempunyai kapasitas daya pikul yang memadai. Kalau hasil pemeriksaan tanah menunjukkan bahwa tanah dangkal tidak stabil & kurang keras atau apabila besarnya hasil estimasi penurunan tidak dapat diterima pondasi tiang pancang dapat menjadi bahan pertimbangan. Lebih jauh lagi, estimasi biaya dapat menjadi indicator bahwa pondasi tiang pancang biayanya lebih murah daripada jenis pondasi yang lain dibandingkan dengan biaya perbaikan tanah.
Dalam kasus konstruksi berat, sepertinya bahwa kapasitas daya pikul dari tanah dangkal tidak akan memuaskan,dan konstruski seharusnya di bangun diatas pondasi tiang. Tiang pancang juga digunakan untuk kondisi tanah yang normal untuk menahan beban horizontal. Tiang pancang merupakan metode yang tepat untuk pekerjaan diatas air, seperti jetty atau dermaga. (Willy).
Pak klu bisa dibuat lebih detaillagi…thx!!!
Mungkin ini cuma sekedar pengenalan, Mbak Nensi.
Untuk lebih detail, Mbak Nensi bisa cari di literatur2 tentang foundation Engineering.
Untuk kedepan, Mungkin saya bisa post artikel tentang deep foundation dan di bahas secara lebih detaill, so tunggu saja .
kalau bisa dipaparkan tentang materi tiang pancang berbentuk bulat yang terbuat dari baja yang dipakai pada pembuatan jembatan….. thx ya>>>
ada tidak ebook referensi pembuatan jembatan mengenai Pondasi tiang pancang baja? kalau ada boleh minta gak? he…
Mungkin saat ini belum ada, kalau E-book untuk Marine Engeering ada dan design insitu Pile untuk applikasi dalam jembatan.
tolong bapak jelaskan bagaimana menghitung daya dukung tanah pada jembatan dengan menggunakan pondasi tiang pancang baja bulat kedalaman 18 meter
Bagaimana menghadapi tanah batu yang keras saat hadapi pancang pile beton ya pak?????
Kalau dalam pemancangan tiang ketemu batu (rock), normally pemancangan akan di stop, karena perhitungan sudah akan di dasarkan atas end bearintg. Just information sebagian konsultan lebih prefer jika tanah ada batu (rock).
Dalam pengalaman saya belum pernah mengalami hal seperti : ketemu batu dalam pemanangan. Juga di Indonseia sendiri sangat jarang tanah batu. Setahu saya sebelum proses design terlebih dahulu di lakukan SI (Soil Investigation), jika tanah mengandung batu (Rock), perhitungan berdasarkan end bearing jika tidak didasarkan atas Skin resistance.
Pak, ada gak buku khusus membahas tentang rumus dinamis? Thx
pak, sy mau bertanya,ada gak situs/wab yang membahas mengenai pondasi injeksi,klo ad tlong bls via email ya y.
trimaksh sblumnya
saya perlu artikel tentang pilecap yang dihitung/dikutsertakan dalam kalkulasi tiang pancang,sehingga hasilnya > dari perhitungan biasa(pilecap tdk diperhitungkan!!),kalo ada boleh sy minta , trims pak
pak saya mau tanya, saya ini masih awam masalah teknik. Setelah hasil pemeriksaan tanah dengan menggunakan alat sondir. Kesimpulannya menyatakan bahwa pada kedalaman tertentu hasil dari hambatan lekatnya ….kg.cm2. Yang saya mau tanyakan adalah hambatanlekatnya itu apa ? thanks atas jawabannya
Ibu rahmawati,
Hambatan lekat kalo kita baca di tabel hasil sondir yang ada tulisan JHP. satuan kg/cm.
Salam Mulyadi
terima kasih infonya
saya msh awam ma dunia pondasi pak…
bisa tlg dijelaskan apa manfaat menggunakan pondasi tiang pancang, dan apa keunggulan pondasi tiang pancang di banding pondasi lain’y….
trus, selain dengan alat sondir, msh ada ga cara lain untuk pemeriksaan tanah?
syarat2 menggunakan pondasi tiang pancang apa aja pak?
tlg jelasin via e-mail aja ya pak…
thank’s..
apa yang harus dilakukan jika tiang pancang hanya tertancap dengan kedalaman 2 meter.. trima kasih..
apakah harus menambah jumlah tiang pancang, atau memeprbesar pile cap..
Pak saya Merencanakan Pembangunan Pipa jalurnya melalui tanah rawa dengan pondasi mini pile , Mau nanya gimana cara pengerjaan kalau ditanah rawa
pak saya maba yang baru kenal ma dunia tek sipil…..
bleh nax ga? sistem pile driving tu ap ter masuk penerapan hukum newton?
Bersama ini kami perkenalkan perusahaan Kami “Wahana Group” yang bergerak dibidang kontraktor sipil. Produk kami antara lain :
Tiang Pancang 20×20 – 45×45
Balok dan Kolom Pracetak
Façade
Pagar Beton
Girder Jembatan
Sheet Pile
Saluran / U ditch
Beton Ringan
Dan berbagai produk beton lainnya
Besar harapan kami untuk bisa bekerja sama dengan perusahaan bapak/ibu, terima kasih
Hormat Kami
Wahana Group
Contact Person :
Yudistira A. F. : 031-72027042 / 081230235554
Office : 031-8791555
Fax : 031-8793534
Email : wahana_cipta_sby@yahoo.com
: yudistira_didik@yahoo.com
Alamat : Ruko Rungkut Megah Raya Blok L 15 – 17 Surabaya
: Jl. Raya Trans Yogi Km. 54, Ds. Tegal Panjang Kec. Cariu – Bogor
Facebook Name : Wahana Tiang Pancang email : aku_yudistira@yahoo.com
Berbagi Info tentang Pondasi Dangkal ;
Pada tanggal 26 Desember 2004 pukul 00:58:53 GMT atau waktu 06:58:53 (WIB) terjadi gempa dan tsunami terdahsyat di Samudra Hindia. Lokasi episentrum gempa adalah di pantai barat Sumatra di sebelah utara Pulau Simeulue di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam, sekitar 160 km barat Sumatera.
Gempa Aceh selain menempati posisi gempa berkekuatan terbesar ketiga setelah gempa Chili tahun 1960 dan gempa Alaska tahun 1964, juga menempati peringkat pertama sebagai gempa dengan waktu (durasi) penyesaran yang paling lama yaitu sampai 600 detik (10 menit).
Gempa sebelah utara Pulau Simeulue telah menimbulkan serangkaian tsunami yang merusak pantai-pantai di Aceh, Sumatra Utara, Sri Lanka, India, Thailand dan negara-negara lainnya dengan tinggi gelombang hingga 30 meter yang menyebabkan korban jiwa hampir di atas 275.000 orang, belum termasuk ribuan korban hilang dan kerusakan pada bangunan.
Diantara reruntuhan bangunan di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) masih ada beberapa bangunan yang kokoh berdiri dan berfungsi dengan baik, seperti 32 gedung yang menggunakan fondasi Konstruksi Sarang Laba-laba (KSLL) yaitu Gedung Taspen dan Gedung Jiwasraya Banda Aceh, 12 Blok Gedung SMK3 Banda Aceh, Gedung Dinas Perhubungan NAD, Gedung RSUD Simeulue, Gedung Dinas Kesehatan Simeulue, Gedung Kantor BAPPEDA Simeulue. Pulau Simeulue merupakan daerah yang paling dekat dengan episentrum gempa.
KSLL terbukti kokoh dan menyelamatkan jiwa manusia, serta teruji kembali pada Gempa Bumi di Bengkulu, Padang, Manado dan Manokwari. Sehingga, KSLL menjadi Pondasi Ramah Gempa yang mempunyai kestabilan dan daya tahan horisontal cukup bagus, karena sistem tahanan sampingnya cukup besar, juga merupakan sistem fondasi bangunan bawah yang memiliki kekakuan tinggi (High Rigidity), ekonomis dan monolit.
KSLL sebagai Pondasi Ramah Gempa meraih kepercayaan dan penghargaan dari PU AWARD 2007 diserahkan oleh Menteri PU Bapak Djoko Kirmanto, RISTEK AWARD 2008 diserahkan oleh Menteri Riset dan Teknologi Bapak Kusmayanto Kadiman dan diterima di Istana Negara oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, INDOCEMENT AWARD 2008 diserahkan oleh Menteri Perumahan Rakyat Bapak M. Yusuf Ashari, APRESIASI PRODUK ASLI INDONESIA AWARD 2009 diserahkan oleh Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Bapak Mustafa Abubakar dan PENGHARGAAN UPAKARTI TEKNOLOGI INOVASI 2009 diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara.
http://www.mediaindonesia.com/read/2009/10/07/98994/23/2/PU-Rekomendasikan-Penggunaan-Konstruksi-Sarang-Laba-Laba-di-Lintas-Gempa
Terima kasih atas Info nya Pak Agus, jadi makin lengkap aja nih pengetahuaanya..ttg Fondasi
Wahana Group ,
bgm kami bisa belajar produksi tiang pancang ?
setelah saya baca semua pendapat dari kalian kalian saya sekarang lebih mengenal apa itu tiang pancang dan apa gunanya bagi suatu kontruksi pondasi,,,